Monday, May 9, 2011

Afzalur Rahman, Sang Pencipta Ensiklopedi Muhammad Saw.




Adalah Afzalur Rahman (1915–1998), seorang cendekiawan Muslim autodidak asal Pakistan, pencipta Ensiklopedi Muhammad. Tak sedikit orang yang keliru mempertukarkan nama Afzalur Rahman dengan Fazlurrahman. Keduanya adalah individu yang berbeda, walau sama-sama berasal dari Pakistan. Fazlurrahman adalah cendekiawan Pakistan yang hijrah ke Amerika Serikat dan menjadi guru besar di Universitas Chicago. Di antara mahasiswa Indonesia yang dibimbing Fazlurrahman adalah Prof. Nurcholish Madjid almarhum.

Afzalur Rahman sendiri sempat mengenyam pendidikan di Islamia College, Lahore, saat lembaga itu masih dikepalai oleh Abdullah Yusuf Ali, penulis The Glorious Quran (terjemah dan tafsir Al-Quran pertama dalam bahasa Inggris yang ditulis seorang Muslim). Dari Pakistan, Afzalur Rahman hijrah ke Inggris, lalu mendirikan The Muslim Educational Trust (MET) pada 1967 dengan dukungan dana Raja Faisal dari Arab Saudi. MET memberikan pelajaran agama Islam kepada murid-murid Muslim di sekolah-sekolah Inggris, seperti Newham, Hackney School, Bradford, dan lain-lain.

Pada 1976, Afzalur Rahman meninggalkan MET, lalu mendirikan The Muslim Schools Trust (MST), yang lebih berfokus pada penerbitan buku-buku Islam. Pada saat inilah terbetik dalam benaknya untuk menerbitkan sebuah ensiklopedi tentang perjalanan hidup Nabi Saw. Maka, sepanjang dekade 80-an, terbitlah 8 jilid Encyclopaedia of Seerah. Sepeninggal Afzalur Rahman pada 1998, ditemukanlah volume ke-9 dari ensiklopedi tersebut, yang belum pernah diterbitkan.

Masyarakat Indonesia sudah mengenal karya-karya Afzalur Rahman, di antaranya adalah Muhammad sebagai Seorang Pedagang yang diterbitkan oleh Yayasan Swarna Bhumy pada 1995. Buku tersebut merupakan buku ketiga pada jilid kedua Encyclopaedia of Seerah (saat ini merupakan jilid ke-3 dari Ensiklopedi Muhammad Saw.). Karyanya yang lain, Quranic Sciences, diterbitkan Mizania pada 2007 dengan judul Ensiklopediana Ilmu-Ilmu dalam Al-Quran, dan cukup diminati para pembaca di Tanah Air. Kalangan akademisi, praktisi, dan peminat ekonomi Islam di Indonesia juga mengenal karya referensialnya, Doktrin Ekonomi Islam (4 jilid), terbitan Dana Bhakti Wakaf, Yogyakarta, 1995.

Di samping karya-karya di atas, Muhammad sebagai Pemimpin Militer (merupakan jilid ke-8 dari Ensiklopedi Muhammad Saw.) sempat diterbitkan secara terpisah oleh salah satu penerbit di Indonesia. Sepanjang hidupnya, sudah puluhan karya yang dihasilkan oleh Afzalur Rahman. Di antara yang belum diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah Islam: Faith and Practice; Liberty: Readings in Islamic Political Philosophy, vol. I; The Role of Muslim Woman in Society; Islam, Ideology and Way of Life; Subject Index of Holy Quran; Prayer: Its Significance and Benefits; Sufism: Nature and Scope.(Penulis: Ilham D. Sannang)


No comments:

Post a Comment